This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Pelantikan IMLA Kabupaten HSU dan Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Arab



Sabtu, 14 November 2015 atau bertepatan 2 Shafar 1437 H, Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ) Amuntai melaksanakan tiga agenda sekaligus yaitu, Pelantikan IMLA (Ittihad Mudarris al Lughah al ‘Arabiyyah atau Ikatan Pengajar Bahasa Arab) Kabupaten Hulu Sungai Utara, penandatanganan kerja sama Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STIQ Amuntai dengan Jurusan PBA IAIN Antasari dan Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Arab dengan tema “Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab Aktual yang Menarik dan Aktraktif” dengan pemateri Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd dan Mohammad Ahsanudin, M.Pd yang juga sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Eksekutif PP IMLA.
Adapun yang melantik kepengurusan IMLA Kabupaten HSU adalah Ketua Umum PP IMLA yaitu  Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd yang sebelumnya dibacakan SK kepengurusan IMLA Kabupaten HSU oleh Mohammad Ahsanudin, M.Pd. Kepengurusan IMLA Kabupaten HSU dipercayakan kepada H. Hasan, MA.Hum yang menjabat sebagai Ketua Program Studi PBA STIQ Amuntai. Dalam sambutannya setelah dilantik mengatakan program yang pertama dan utama adalah mensosialisasikan IMLA dan khususnya IMLA Kabupten HSU kepada madrasah atau sekolah serta guru yang mengajarkan bahasa Arab.  
Seminar nasional Pembelajaran Bahasa Arab sendiri diikuti tidak kurang dari 300 orang yang terdiri dari guru-guru bahasa Arab seluruh Kabupaten HSU, Barabai, Tanjung (Kelua, Pugaan) bahkan ada yang berasal dari Banjarmasin dan Banjarbaru.
Moderator dalam seminar tersebut adalah Abu Bakar, S.Pd.I merupakan alumnus STIQ Amuntai yang juga sebagai penyiar radio swasta di Amuntai tampil sangat memukau sampai-sampai pemateri Prof. Imam sempat memuji sebagai moderator yang aktraktif.
Pemateri pun juga tidak kalah aktraktif dengan moderator, dua pemateri pun tidak canggung berjalan ke tempat kursi membuat suasana seminar sangat interaktif. Apalagi ketika Prof Imam membuat permainan kata kepada peserta seminar pria semuanya sangat antusias menyimak.
Setelah seminar selesai langsung diadakan acara pembentukan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bahasa Arab sesuai tingkatan. Dalam acara tersebut diambil keputusan ketua MGMP bahasa Arab tingkat MI adalah H. Sayuti, S.Pd.I dari MIS Darul Falah, tingkat MTs diketuai oleh H. M. Asyari dari MTs Nurul Hidayah Kota raja sedangkan ketua MGMP bahasa Arab adalah Jayadi, .S.Ag dari MAN 5 Amuntai. (hhs)