This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

KURIKULUM

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UUSPN No. 20 Tahun 2003).

KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
  1. Rentangan satuan kredit semester (sks) beban pendidikan untuk Prodi Pendidkan Bahasa Arab 157 sks. 
  2. Beban pendidikan Program S1 Prodi Pendidkan Bahasa Arab diperoleh dari kegiatan kuliah, kegiatan Tahfizh, Kegiatan Pelajaran Tambahan dan Skripsi. 
  3. Setoran hapalan wajib Minimal 8 Juz selama 8 Semester 
  4. Mengikuti Program Quantum Tahsin dalam rangka perbaikan bacaan Alquran 
  5. Mengikuti Program Quantum Bahasa Arab dalam rangka peningkatan output Prodi Pendidikan Bahasa Arab 
  6. Tugas Akhir Studi sebanyak 6 sks 

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PBA

A. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG SIKAP DAN TATA NILAI (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
  10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
  11. Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di Negara;
  12. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
  13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
  15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
  16. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang bahasa Arab pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);
  17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang bahasa Arab secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);
  18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang bahasa Arab pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK)
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG PENGETAHUAN (P)
  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
  8. Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  9. Menguasai teori penelitian bidang Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  10. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, potensi, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual;
  11. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  12. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  13. Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  14. Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan Bahasa Arab dan pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif;
  15. Menguasai teori pendidikan karakter untuk memposisikan dan mengembangkan Bahasa Arab dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah
  16. Menguasai teori-teori Linguistik Terapan (Linguistik Educational, Psikolinguistik, Sosiolinguistik)
  17. Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu bahasa secara umum ataupun dalam kaitannya dengan ilmu bahasa Arab, utamanya konsep-konsep linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa.
  18. Mengguasai teori dan praktek bahan ajar PBA
  19. Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu bahasa Arab .
  20. Memahami dan mengartikulasikan sumber ajaran Islam (Al-Qur'an dan Hadits) sebagai fundamental input tarbiyah islamiyah yang berorientasi living values.
  21. Menguasai Pengetahuan tata Tulis dan tata baca Arab Melayu.
  22. Memahami Teori pembelajaran bahasa untuk pengembangan desain pembelajaran dan teknologi pembelajaran Bahasa Arab;
  23. Memahami pengetahuan faktual disertai penerapanya tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan mutu pendidikan baik dalam jaringan (online) maupun luar jaringan (offline);
  24. Memahami konsep aplikasi teknologi mobile sebagai media pembelajaran bahasa Arab;
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:
  13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
  14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
  15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.


D. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
  1. Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
  2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Arab yang mendidik di sekolah/madrasah;
  3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  4. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah, di komunitas akademik dan di masyarakat;
  6. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
  7. Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab;
  8. Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;
  9. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis-hadis pendidikan dan kebahasaan
  10. Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  11. Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik Bahasa Arab yang pembelajar.
  12. Mampu memahami wacana lisan dan tulisan bahasa Arab standar secara komprehensif khususnya di bidang agama dan kependidikan;
  13. Mampu menerjemahkan teks bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab sesuai kaidah dan bahasa target dengan tepat dan jelas;
  14. Mampu menganalisis bahan ajar pelajaran bahasa Arab di jenjang pendidikan bahasa dasar dan menengah dan mengembangkannya berdasarkan kurikulum yang relevan dan kontekstual;
  15. Mampu mengembangkan pembelajaran melalui teknologi sederhana dan modern secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
  16. Mampu Membaca dan Menulis Bahasa Arab Melayu (pegon) sesuai kaidah yang baik dan benar;
  17. Mampu membuat cerita berbahasa Arab sebagai alternative bahan ajar pembelajaran bahasa Arab berdasarkan budaya lokal
  18. Mampu menulis karya ilmiah dengan baik dan benar di bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab;
  19. Mampu mengeskpresikan perasaan, pikiran dan gagasan, baik secara lisan maupun tulisan, dengan menggunakan bahasa Arab;
  20. Mampu menerapkan kaidah bahasa Arab untuk mengekpresikan perasaan, pikiran dan gagasannya baik secara lisan maupun tulisan;
  21. Mampu menciptakan suasana dan kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran untuk mempermudah penguasaan peserta didik dalam belajar bahasa Arab;
  22. Terampil dalam penggunaan computer dalam menulis huruf Arab /Thiba’ah;
  23. Mampu mendesain berbagai perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada sekolah/madrasah dengan metodologi pengajaaran yang adaptif;
  24. Mampu mendesain dan menerapkan/melaksanakan instrument evaluasi pembelajaran bahasa Arab;
  25. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pembelajaran bahasa Arab;
  26. Mampu mengembangkan materi ajar bahasa arab yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah melalui analisis komperehensif berdasarkan perkembangan kurikulum bahasa arab dan ilmu pendidikan kekinian;
  27. Mampu menganalisa wacana lisan dan tulisan berbahasa Arab standar (MSA) secara komprehensif khususnya di bidang agama dan kependidikan;

KODE DAN KELOMPOK MATA KULIAH PRODI PBA
Kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
KODEMATA KULIAHSKSELEMENKOMPETENSI
INS101Pancasila2MPKINTI
INS102Civic Education2MPKINTI
INS105Bahasa Indonesia2MPKINTI
INS106Ilmu Sosial Dasar2MPKPENUNJANG
INS107Pengantar Studi Islam2MPKINTI
TAR203Ulumul Quran I2MKKINTI
TAR204Ulumul Quran II2MKKINTI
14
Kelompok Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
INS103Bahasa Arab0MKKPENUNJANG
INS104Bahasa Inggris2MKKPENUNJANG
TAR201Ushul Fiqih2MKKINTI
TAR202Ulumul Hadits2MKKINTI
TAR205Pendidikan Akidah2MKKINTI
TAR206Pendidikan Akhlak2MKKINTI
TAR207Sejarah Peradaban Islam2MKKPENUNJANG
TAR208Fiqih2MKKINTI
TAR209Hadits2MKKINTI
TAR210Tafsir2MKKINTI
TAR211Evaluasi Pendidikan2MKKINTI
TAR212Strategi Pembelajaran2MKKINTI
TAR213Dasar2 Admi. & Manag. Pendidikan2MKKINTI
TAR214Psikologi Pendidikan2MKKPENUNJANG
TAR215Profesi Keguruan2MKKINTI
TAR216Bimbingan Konseling2MKKPENUNJANG
TAR217Filsafat Pendidikan Islam2MKKINTI
TAR218Ilmu Pendidikan2MKKINTI
TAR219Statistik Pendidikan2MKKINTI
PIQ401Tajwid I2MKKPENUNJANG
PIQ402Tajwid II2MKKPENUNJANG
PIQ403Nagham0MKKPENUNJANG
PIQ404Ilmu Dasar Qiraat2MKKPENUNJANG
PIQ405Tahfiz3MKKPENUNJANG
PIQ406Qiraat Susy0MKKPENUNJANG
PIQ407Qiraah Syubah0MKKPENUNJANG
PIQ408Qiraat Ibnu Kastir0MKKPENUNJANG
PIQ409Qiraat Warsy0MKKPENUNJANG
PIQ410Qiraah Kisaiy0MKKPENUNJANG
PIQ411Qiraah Qalun0MKKPENUNJANG
PIQ412Qiraat addurry0MKKPENUNJANG
PIQ413Tibyan fi ulum alquran (BTQ)0MKKPENUNJANG
PIQ414Ilmu Rasm utsmany2MKKPENUNJANG
47
Kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)
PBA301Nahwu - I2MKBINTI
PBA302Nahwu - II2MKBINTI
PBA303Nahwu - III2MKBINTI
PBA304Sharaf I2MKBINTI
PBA305Sharaf - II2MKBINTI
PBA306Sharaf - III2MKBINTI
PBA307Istima' I2MKBINTI
PBA308Istima' II2MKBINTI
PBA309Kalam – I2MKBINTI
PBA310Kalam II2MKBINTI
PBA311Kitabah I2MKBINTI
PBA312Kitabah II2MKBINTI
PBA313Balagah I2MKBINTI
PBA314Balagah II2MKBINTI
PBA315Balagah III2MKBINTI
PBA316Insya wa Ta'bir – I2MKBINTI
PBA317Insya wa Ta'bir – II2MKBINTI
PBA318Tarjamah – I2MKBINTI
PBA319Tarjamah – II2MKBINTI
PBA320Qiraah I (Tafsir)2MKBINTI
PBA321Qiraah II (Fiqih)2MKBINTI
PBA322Qiraah III (Hadits)2MKBINTI
PBA323Fighul Lugah2MKBPENUNJANG
PBA324Psikolinguistik2MKBPENUNJANG
PBA325Mufradhat wal 'Ibarat2MKBPENUNJANG
PBA326Kaligrafi Islam2MKBPENUNJANG
PBA327Qawaid Imla2MKBPENUNJANG
PBA328Materi BA di MTs2MKBINTI
PBA329Materi BA di MA2MKBINTI
PBA330Pengel. Pengaj. Bhs Arab2MKBINTI
PBA331Perenc. Sist Pengaj. BA2MKBINTI
PBA332Metod. Pengaj. B.Arab 12MKBINTI
PBA333Metod. Pengaj. Bhs Arab 22MKBINTI
PBA334Pengemb. Kuri. Bhs Arab2MKBINTI
PBA335Media Pengj Bhs Arab2MKBPENUNJANG
PBA336Met. Penel. Pendd B.Arab2MKBPENUNJANG
PBA337Eva.Hasil Belajar B.Arab2MKBINTI
PBA340Seminar Proposal2MKBINTI
PBA341Teknik Penulisan Karya Ilmiah0MKBPENUNJANG
76
Kelompok Matakuliah Bekehidupan Bermasyarakat (MBB)
PBA342Skripsi6MBB
PBA338Praktek Mengajar – I2MBBINTI
PBA339Praktek Mengajar – II2MBBINTI
INS108KKN4MBBINTI
TAR220Islam dan Budaya Banjar
2
MBBPENUNJANG
TAR221Pendidikan KewirausahaanMBBPENUNJANG
16



DAFTAR MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR'AN (STIQ) AMUNTAI

Semester ISemester II
NoMata KuliahSKSNoMata KuliahSKS
1Bahasa Indonesia21Nahwu - I2
2Bahasa Inggris22Sharaf I2
3Pengantar Studi Islam23Kalam – I2
4Pancasila24Istima' I2
5Pendidikan Akhlak25Tajwid II2
6Tajwid I26Ushul Fiqih2
7Ilmu Dasar Qiraat27Ulumul Hadits2
8Civic Education28Kaligrafi Islam2
9Bahasa Arab09Ulumul Quran I2
10Teknik Penulisan Karya Ilmiah210Pendidikan Akidah2
11Tibyan fi ulum alquran (BTQ)011Qiraah Qalun0
12Sejarah Peradaban Islam212Ilmu Pendidikan2
13Tafsir213Psikologi Pendidikan2
14Pendidikan Antikorupsi214Nagham0
Total SKS24Total SKS24
Semester IIISemester IV
NoMata KuliahSKSNoMata KuliahSKS
1Hadits21Balagah II2
2Fiqih22Nahwu - III2
3Strategi Pembelajaran23Sharaf - III2
4Balagah I24Pengembangan Media Pengj Bhs Arab2
5Nahwu - II25Tarjamah – I2
6Sharaf - II26Metod. Pengaj. B.Arab 12
7Kalam II27Fighul Lugah2
8Istima' II28Materi BA di MTs2
9Qiraah I (Tafsir)29Insya I2
10Ulumul Quran II210Qiraat Ibnu Kastir0
11Qiraat Warsy011Qiraah II (Fiqih)2
12Qawaid Imla212Ilmu Rasm Utsmany2
13Evaluasi Pendidikan213Statistik Pendidikan2
Total SKS24Total SKS24
Semester VSemester VI
NoMata KuliahSKSNoMata KuliahSKS
1Balagah III21Pengemb. Kuri. Bhs Arab2
2Tarjamah – II22Seminar Proposal2
3Metod. Pengaj. Bhs Arab 223Profesi Keguruan2
4Insya II24Qiraat Ibnu Amir0
5Pengel. Pengaj. Bhs Arab25Praktek Mengajar – I/Micro teaching2
6Materi BA di MA26Mufradhat wal 'Ibarat2
7Qiraat Abu 'Amr07Metode Makhrajy2
8Kitabah I28Kitabah II2
9Met. Penel. Pendd B.Arab29Filsafat Pendidikan Islam2
10Qiraah III (Hadits)210Bimbingan Konseling2
11Psikolinguistik211Dasar2 Admi. & Manag. Pendidikan2
12Evaluasi Pengaj. BA212Pendidikan Kewirausahaan2
13Qawaid Imla2Total SKS22
Total SKS24
Semester VIISemester VIII
NoMata KuliahSKSNoMata KuliahSKS
1Praktek Mengajar – II (PPL)21Skripsi6
2KKN42Tahfiz3
Total SKS6Total SKS9
Jumlah SKS Keseluruhan = 157