KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
- Rentangan satuan kredit semester (sks) beban pendidikan untuk Prodi Pendidkan Bahasa Arab 157 sks.
- Beban pendidikan Program S1 Prodi Pendidkan Bahasa Arab diperoleh dari kegiatan kuliah, kegiatan Tahfizh, Kegiatan Pelajaran Tambahan dan Skripsi.
- Setoran hapalan wajib Minimal 8 Juz selama 8 Semester
- Mengikuti Program Quantum Tahsin dalam rangka perbaikan bacaan Alquran
- Mengikuti Program Quantum Bahasa Arab dalam rangka peningkatan output Prodi Pendidikan Bahasa Arab
- Tugas Akhir Studi sebanyak 6 sks
CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI PBA
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG SIKAP DAN TATA NILAI (S)
- Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di negara;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
- Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
- Menjunjung tinggi dan menginternalisasi nilai-nilai etika keislaman dalam kehidupan di sekolah/madrasah, di masyarakat dan di Negara;
- Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
- Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
- Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
- Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang bahasa Arab pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);
- Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang bahasa Arab secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK);
- Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang bahasa Arab pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK)
- Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
- Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
- Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
- Menguasai
langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang
berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
- Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Menguasai teori penelitian bidang Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, potensi, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual;
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan Bahasa Arab dan pembelajaran Bahasa Arab yang kreatif dan inovatif;
- Menguasai teori pendidikan karakter untuk memposisikan dan mengembangkan Bahasa Arab dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah
- Menguasai teori-teori Linguistik Terapan (Linguistik Educational, Psikolinguistik, Sosiolinguistik)
- Mampu menguasai konsep-konsep teoretis ilmu bahasa secara umum ataupun dalam kaitannya dengan ilmu bahasa Arab, utamanya konsep-konsep linguistik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik melalui pembelajaran berbasis pada mahasiswa.
- Mengguasai teori dan praktek bahan ajar PBA
- Menguasai ilmu dasar lain yang menunjang pemahaman ilmu bahasa Arab .
- Memahami dan mengartikulasikan sumber ajaran Islam (Al-Qur'an dan Hadits) sebagai fundamental input tarbiyah islamiyah yang berorientasi living values.
- Menguasai Pengetahuan tata Tulis dan tata baca Arab Melayu.
- Memahami Teori pembelajaran bahasa untuk pengembangan desain pembelajaran dan teknologi pembelajaran Bahasa Arab;
- Memahami pengetahuan faktual disertai penerapanya tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan mutu pendidikan baik dalam jaringan (online) maupun luar jaringan (offline);
- Memahami konsep aplikasi teknologi mobile sebagai media pembelajaran bahasa Arab;
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN UMUM (KU)
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
- Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
- Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
- Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:
- Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid;
- Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma);
- Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.
D. CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
- Mampu mengembangkan kurikulum mata Pelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
- Mampu menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Arab yang mendidik di sekolah/madrasah;
- Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Mampu memfasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Arab dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;
- Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah, di komunitas akademik dan di masyarakat;
- Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
- Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab;
- Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;
- Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis-hadis pendidikan dan kebahasaan
- Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik Bahasa Arab yang pembelajar.
- Mampu memahami wacana lisan dan tulisan bahasa Arab standar secara komprehensif khususnya di bidang agama dan kependidikan;
- Mampu menerjemahkan teks bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab sesuai kaidah dan bahasa target dengan tepat dan jelas;
- Mampu menganalisis bahan ajar pelajaran bahasa Arab di jenjang pendidikan bahasa dasar dan menengah dan mengembangkannya berdasarkan kurikulum yang relevan dan kontekstual;
- Mampu mengembangkan pembelajaran melalui teknologi sederhana dan modern secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah;
- Mampu Membaca dan Menulis Bahasa Arab Melayu (pegon) sesuai kaidah yang baik dan benar;
- Mampu membuat cerita berbahasa Arab sebagai alternative bahan ajar pembelajaran bahasa Arab berdasarkan budaya lokal
- Mampu menulis karya ilmiah dengan baik dan benar di bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab;
- Mampu mengeskpresikan perasaan, pikiran dan gagasan, baik secara lisan maupun tulisan, dengan menggunakan bahasa Arab;
- Mampu menerapkan kaidah bahasa Arab untuk mengekpresikan perasaan, pikiran dan gagasannya baik secara lisan maupun tulisan;
- Mampu menciptakan suasana dan kondisi kelas yang kondusif dan mengkreasikan berbagai media pembelajaran untuk mempermudah penguasaan peserta didik dalam belajar bahasa Arab;
- Terampil dalam penggunaan computer dalam menulis huruf Arab /Thiba’ah;
- Mampu mendesain berbagai perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada sekolah/madrasah dengan metodologi pengajaaran yang adaptif;
- Mampu mendesain dan menerapkan/melaksanakan instrument evaluasi pembelajaran bahasa Arab;
- Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi kinerjanya secara komprehensif dengan memanfaatkan pengetahuan dan cara-cara pembelajaran bahasa Arab;
- Mampu mengembangkan materi ajar bahasa arab yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah melalui analisis komperehensif berdasarkan perkembangan kurikulum bahasa arab dan ilmu pendidikan kekinian;
- Mampu menganalisa wacana lisan dan tulisan berbahasa Arab standar (MSA) secara komprehensif khususnya di bidang agama dan kependidikan;
KODE DAN KELOMPOK MATA KULIAH PRODI PBA
DAFTAR MATA KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR'AN (STIQ) AMUNTAI