This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

Dosen PBA STIQ Amuntai Aktif Ikuti Bimtek Penyusunan Pedoman Konversi MBKM Tahun 2023

 

Amuntai, 20 September 2023 – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STIQ Amuntai aktif mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Pedoman Konversi MBKM, yang diselenggarakan oleh LPPM STIQ Amuntai pada Rabu–Kamis (18–19 September 2023).

Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dosen mengenai mekanisme pelaksanaan program MBKM dan penyusunan pedoman konversi hasil kegiatan mahasiswa ke dalam capaian pembelajaran mata kuliah. Dengan keterlibatan aktif para dosen, diharapkan STIQ Amuntai dapat mengimplementasikan MBKM secara terstruktur dan terukur.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM menyampaikan bahwa dosen memiliki peran strategis dalam keberhasilan program MBKM, baik sebagai fasilitator, pembimbing, maupun penilai hasil capaian mahasiswa. Oleh karena itu, kemampuan dalam menyusun pedoman konversi yang akurat sangat penting untuk memastikan validitas akademik dari pengalaman belajar mahasiswa di luar kampus.

Bimtek ini membahas beberapa poin penting, di antaranya:

  • Prinsip dan ruang lingkup program MBKM sesuai Permendikbudristek,
  • Teknis penyusunan dokumen pedoman konversi kegiatan MBKM ke dalam SKS,
  • Studi kasus dan praktik langsung penyusunan pedoman konversi,
  • Integrasi MBKM ke dalam kurikulum Prodi berbasis OBE (Outcome Based Education).

Dosen PBA STIQ Amuntai menunjukkan antusiasme tinggi dalam kegiatan ini, dengan aktif berdiskusi dan menyusun draft awal pedoman konversi untuk kegiatan seperti asistensi mengajar di madrasah, magang di lembaga pendidikan, dan proyek pengabdian masyarakat berbasis bahasa Arab.

Dengan keikutsertaan dalam bimtek ini, diharapkan Prodi PBA STIQ Amuntai semakin siap dalam mengimplementasikan MBKM secara berkelanjutan, serta memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi mahasiswa.